Rabu, 23 Mei 2018

Tips Memilih Menu Sahur Agar Tidak Mengantuk Saat Puasa

Tips Memilih Menu Sahur Agar Tidak Mengantuk Saat Puasa

Hidup Sehat - Makanan yang dimakan ternyata berengaruh terhadap aktivitas yang dikerjakan lho. Terlebih jika saat puasa, beberapa makanan diklaim dapat memicu rasa kantuk.
Pakar kesehatan tidur dari RS Medistra, dr Rimawati Tedjasukmana, SpS menjelaskan bahwa gampang mengantuk saat puasa juga bisa diakibatkan oleh makanan. Salah satu contohnya adalah karbohidrat.

"Makanan yang memicu kantuk adalah karbohidrat dan yang manis-manis," kata dr Rima.
Karbohidrat sederhana, seperti gula tebu dan sirup jagung fruktosa tinggi, menurut dr Rima bisa menyebabkan gula darah melonjak lebih cepat. Karbohidrat kompleks yang dimetabolisme lebih lambat, seperti yang ditemui dalam sayuran bertepung dan biji-bijian, lebih disarankan jika tak ingin cepat ngantuk.

Lonjakan yang cepat dari makanan karbohidrat sederhana, terutama berlebih atau tanpa makanan lain, dapat menyebabkan gula darah menurun kembali, yang menyebabkan perasaan terhuyung.

Lalu makanan apa yang bisa dikonsumsi biar tidak mengantuk?

"Makanan supaya tidak mengantuk adalah makanan berlemak dan kafein. Contohnya gorengan, santan dan daging berlemak, tetapi tidak boleh berlebih karena akan mengakibatkan kolesterol naik," tuturnya.

Rima juga mengingatkan kepada orang dengan tekanan darah tinggi dilarang mengonsumsi kafein. Kemudian juga pada penderita mag, sebaiknya hati-hati jika ingin meminum kopi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POKER ONLINE TERPERCAYA WWW.QQALADIN.COM

POKER ONLINE TERPERCAYA WWW.KARTUSETAN.COM

POKER ONLINE TERPERCAYA WWW.BAEQQ.ORG

POKER ONLINE TERPERCAYA WWW.QQBADO.COM