Jumat, 27 April 2018

4 Manfaat Konsumsi Tempe Yang Tak Terduga

4 Manfaat Konsumsi Tempe Yang Tak Terduga

Hidup Sehat - Kamu makannya apa? Tempe! Ya, menu yang satu ini memang akrab di lidah dan dalam menu harian masyarakat Indonesia. Bukan cuma karena harganya yang bersahabat, tidak banyak yang sadar kalau tempe juga menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Kalau kamu doyan mengonsumsi yang satu ini, bersiap-siap ya dengan manfaat yang didapatkan dari makanan berbahan dasar kedelai ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini manfaat tempe yang perlu kamu tahu. Yuk makan tempe setiap hari!


Awet muda

Kok bisa? Rahasianya terletak pada Genistein, sejenis hormon yang ditemukan dalam kedelai dan terbukti meningkatkan produksi kolagen. Kolagen sendiri merupakan salah satu protein yang fungsi utamanya adalah menjaga kekencangan kulit.

Dalam sebuah uji klinis, 53 persen perempuan yang menggunakan Genistein merasakan kulitnya makin lembut dan tampak muda hanya dalam sebulan. Kalau kamu mau awet muda, bisa nih untuk mulai menggemari tempe.


Bantu atasi mag

"Tempe bisa mengatasi penyakit maag, benar itu," ujar dr Samuel Oentoro, MS, SpGK, selaku ahli gizi klinik FKUI-RSCM saat dihubungi detikHealth beberapa waktu lalu.

Ini dikarenakan tempe mengandung protein yang bagus dan senyawa anti inflamasi (anti peradangan). Protein yang terkandung di dalam tempe sudah siap untuk diserap tubuh karena ia sudah terlebih dahulu dicerna oleh kapang (jamur) yang ada di tempe.

"Biasanya protein utuh harus dicerna terlebih dahulu menjadi partikel-partikel yang lebih kecil agar mudah diserap, tapi pada tempe protein tersebut sudah dicerna oleh kapang," ungkapnya.


Kaya nutrisi

Prof Dr Ir Made Astawan, MS, dosen Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB menerangkan beberapa waktu silam kalau kedelai mengandung 40 persen protein yang terdiri dari asam lemak esensial dengan daya cerna yang sangat baik, 15 persen oligosakarida dan monosakarida, 15 persen serat, 20 persen lemak yang sebagian besar terdiri dari asam lemak tak jenuh dan 10 persen adalah bahan lainnya.

"Selain itu senyawa fitokimia pada kedelai memiliki aktiviats biologis, salah satunya adalah isoflavon yang tetap stabil pada suhu panas sehingga tidak berubah struktur oleh suhu masak dan fermentasi," ujarnya.


Bantu menurunkan berat badan

Hasil tes di laboratorium yang dilakukan oleh Dr dr Reza Yuridian Purwoko, SpKK, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) di tahun 2016 menunjukkan bahwa ekstrak kedelai mampu memiliki efek menghancurkan lemak lewat cara yang aman yaitu apoptosis (kematian sel yang terseleksi) berkat liposom.

Hanya saja harus diakui kemampuannya tidak sehebat obat penghancur lemak dari senyawa fosfatidilkolin (yang ada dalam kedelai) dicampur sodium deksikolat.

"Memang benar (tidak lebih kuat -red) tapi jadi jauh lebih aman. Enggak apa-apa obat pelan-pelan bekerja tinggal ini ditambah penelitian lebih lanjut," kata dr Reza.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POKER ONLINE TERPERCAYA WWW.QQALADIN.COM

POKER ONLINE TERPERCAYA WWW.KARTUSETAN.COM

POKER ONLINE TERPERCAYA WWW.BAEQQ.ORG

POKER ONLINE TERPERCAYA WWW.QQBADO.COM