Minggu, 29 April 2018

Harus Waspada, Berikut 5 Hal Yang Dapat Memicu Sakit Jantung

Harus Waspada, Berikut 5 Hal Yang Dapat Memicu Sakit Jantung

Hidup Sehat - Jantung adalah salah satu bagian paling penting dari tubuh manusia. Sedikit saja gangguan pada organ vital tersebut, nyawa bisa terancam. Banyak yang sering beranggapan bahwa sakit jantung disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti jarang berolahraga dan mengonsumsi makanan berlemak.

Faktanya, hal-hal yang dianggap sepele juga dapat memicu sakit jantung. Melansir dari Boldsky, beberapa hal mengejutkan dalam daftar berikut ini patut diwaspadai:


1. Pubertas dini

Kaum wanita boleh sedikit waspada apabila mengalami masa puber pada usia kurang dari 12 tahun. Sebab, masa puber yang lebih awal berdampak pada kadar hormon estrogen dalam darah.

Kadar hormon estrogen dalam darah yang tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan-penyumbatan kecil yang dapat berkembang menjadi besar seiring waktu, berpotensi mengganggu kerja jantung dalam memompa darah di fase hidup selanjutnya.


2. Pil diet

Menurunkan berat badan hingga mencapai bentuk tubuh ideal adalah impian hampir semua orang. Salah satu cara agar dapat meraih bentuk tubuh ideal yang berarti risiko terkena penyakit lebih kecil adalah dengan meminum obat diet.

Cara tersebut mengandung risiko yang cukup besar bila tidak diimbangi dengan olahraga dan menjaga asupan makanan secara rutin. Sebab, banyak obat diet yang justru menutup pembuluh darah arteri hingga melemahkan otot-otot jantung sehingga kerjanya terganggu.


3. Terus-menerus dilanda flu

Jangan pernah menganggap remeh penyakit flu atau influenza. Sebab, dalam jangka panjang dapat mengakibatkan gangguan pada jantung apalagi jika terus-menerus didera flu.

Kondisi tersebut bisa terjadi apabila kekebalan atau imunitas tubuh seseorang sangat rendah dan kerap terjangkit flu. Virus yang menyebabkan influenza lama kelamaan dapat mencapai saluran ke jantung dan berdiam di sana hingga melemahkan jaringan otot jantung.


4. Kesepian

Pemerintah Inggris beberapa waktu lalu mengangkat Menteri Urusan Kesepian, Tracey Crouch. Sebab, sekira 9 juta warga negara Inggris hidup dalam kesepian atau kesendirian. Kondisi tersebut sangat berbahaya terhadap kesehatan baik fisik maupun mental.

Salah satu dampak buruk dari kesepian adalah depresi yang dapat memengaruhi sel-sel otak. Ketika hal itu terjadi, kombinasi stress dan depresi dapat meningkatkan tekanan darah yang berujung dengan gangguan fungsi jantung. Faktanya, kesendirian dan depresi meningkatkan risiko sakit jantung hingga 30 persen.


5. Mengonsumsi alkohol secara reguler

Jika Anda terbiasa makan dan diakhiri dengan meminum alkohol, walau dalam jumlah kecil, setiap hari, risiko penyakit jantung tetap tinggi. Kadar alkohol yang berlebihan dapat mengeraskan pembuluh darah arteri serta menaikkan kadar kolesterol dalam jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POKER ONLINE TERPERCAYA WWW.QQALADIN.COM

POKER ONLINE TERPERCAYA WWW.KARTUSETAN.COM

POKER ONLINE TERPERCAYA WWW.BAEQQ.ORG

POKER ONLINE TERPERCAYA WWW.QQBADO.COM