Kamis, 21 Juni 2018

7 Tips Sembuhkan Kaki Pecah-Pecah Secara Alami

7 Tips Sembuhkan Kaki Pecah-Pecah Secara Alami

Hidup Sehat - Punya kaki pecah-pecah memang menyebalkan. Selain tidak enak untuk dilihat, kaki pecah-pecah juga menyebabkan rasa sakit tak tertahankan saat mengenakan sepatu. Kondisi tersebut tidak pandang bulu karena bisa menimpa pria, wanita, tua, dan muda.

Kaki pecah-pecah bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti berdiri terlalu lama, terkena air dalam waktu lama, memakai sepatu yang salah, memakai sabun yang terlalu keras bagi kulit atau karena cuaca dingin. Berikut beberapa tips menyembuhkan kaki pecah-pecah secara alami, dilansir dari Wonderslist.


1. Menggosok kaki secara perlahan

Cara ini diklaim cukup efektif untuk mengatasi kaki pecah-pecah. Sebelum mulai menggosok, rendam kaki dengan air hangat bersabun sekira 15-20 menit hingga kulit terasa lebih lembut.

Keluarkan satu kaki dan gosok dengan bantuan batu apung ke bagian kulit mati yang mulai mengelupas. Ulangi cara yang sama di kaki yang satu lagi. Setelah selesai, bersihkan kedua kaki dengan menggunakan air bersih yang segar.

Keringkan kaki dengan menggunakan handuk yang lembut serta oleskan krim. Cara ini lebih efektif dilakukan pada malam hari karena Anda bisa langsung tidur dengan memakai kaus kaki yang lembut. Lakukan setidaknya dua kali sepekan agar mendapat hasil maksimal.


2. Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat berkhasiat untuk memulihkan kulit yang kering dan pecah-pecah. Selain mampu menjaga kelembaban, minyak kelapa juga dapat mengenyahkan infeksi bakteri serta jamur pada kaki.

Sebelum tidur, celupkan kaki Anda ke air hangat dan gosok perlahan dengan menggunakan spons mandi. Keringkan kaki lalu oleskan minyak kelapa. Karena minyak kelapa bisa membuat tempat tidur terasa tidak nyaman, ada baiknya Anda menggunakan kaus kaki. Langsung cuci kaki Anda setelah bangun tidur di pagi hari agar cara ini semakin efektif.


3. Gliserin

Anda juga bisa menggunakan gliserin yang mengandung humektan. Campurkan gliserin pada jus lemon (jeruk nipis) dan tambahkan air mawar jika perlu. Oleskan ramuan tersebut ke kaki dan diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu cuci hingga bersih. Lakukan cara ini setiap hari selama kurang lebih dua minggu agar mendapatkan manfaat yang maksimal.


4. Garam Epsom (Garam Inggris)

Garam ini berguna untuk meningkatkan sirkulasi, menyingkirkan racun, serta menyehatkan kulit. Tidak heran, garam Inggris sangat baik untuk merawat kaki pecah-pecah.

Isi bak atau ember dengan air hangat dan taburkan setengah cangkir garam Epsom. Rendam kedua kaki selama kurang lebih 10 menit. Lalu keluarkan sebelah kaki dan gosok perlahan dengan batu apung lalu masukkan kembali sembari mengeluarkan sebelah kaki lainnya.

Setelah selesai, keringkan kaki dengan menggunakan handuk kemudian oleskan pelembab yang cukup tebal. Anda dapat mengulangi cara ini selama 2-3 hari.


5. Cuka

Cairan asam ini juga berguna untuk menyembuhkan kaki pecah-pecah karena kandungannya dapat melembutkan kulit. Caranya cukup mudah, campurkan dua cangkir air dengan satu cangkir cuka apel atau cuka biasa. Rendam kaki Anda dalam campuran tersebut selama 15 menit.

Gosok kaki perlahan dengan menggunakan batu apung untuk menyingkirkan kulit yang kering dan mati. Jangan lupa bilas kaki dengan air bersih, keringkan, lalu oleskan pelembab.


6. Oatmeal

Selain berguna sebagai pengganti makanan yang lebih sehat, oatmeal juga berkhasiat menyembuhkan kaki pecah-pecah. Caranya ambil 1 sendok makan bubuk oatmeal instan dan tempatkan dalam mangkuk. Tambahkan jojoba oil hingga menjadi adonan yang cukup tebal.

Oleskan adonan itu ke kaki, terutama pada bagian tumit. Diamkan selama 30 menit dan gosok perlahan. Bersihkan kaki dengan air dingin dan keringkan. Cara ini bisa dipakai berulang kali hingga Anda puas dengan hasilnya.


7. Pisang

Jika Anda punya pisang yang terlalu matang di rumah, jangan buru-buru dibuang. Sebab, pisang yang terlalu matang berkhasiat menyembuhkan kulit kaki yang pecah-pecah. Untuk cara satu ini, Anda butuh 1-2 buah pisang yang terlalu matang.

Masukkan pisang ke dalam blender hingga menjadi adonan yang cukup tebal. Anda juga menambahkan setengah buah alpukat jika diinginkan. Oleskan adonan itu ke kaki dan diamkan selama 20 menit.

Cuci kaki Anda dengan air hangat terlebih dahulu lalu diikuti dengan air dingin. Lakukan cara ini dengan teratur untuk merawat dan mencegah kaki pecah-pecah dan kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POKER ONLINE TERPERCAYA WWW.QQALADIN.COM

POKER ONLINE TERPERCAYA WWW.KARTUSETAN.COM

POKER ONLINE TERPERCAYA WWW.BAEQQ.ORG

POKER ONLINE TERPERCAYA WWW.QQBADO.COM